Jumat, 08 Juli 2011

PROPOSAL RENCANA BISNIS SEDERHANA (CAFE PANCAKE CERIA)








CAFÉ PANCAKE CERIA
Café Aneka Pancake, Pasta, Roti Bakar dan Juice Fruits










Nama : Khalida Sukma Insani
NPM : 011008013
Kelas : 6 MK-A Pagi

I.      RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMAMARY)
Café Pancake dan Pasta Ceria (CPC) dimana cita rasa khas makanan Pancake dan Pasta dikenal sebagai makanan ringan untuk para keluarga modern. Namun, siapa sangka bila makanan ini sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno.
CPC menawarkan pelanggan dengan jamuan hidangan makanan ringan. Pancake yang bentuknya bundar dan tipis, biasanya dinikmati hangat menu dengan saus aneka buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau madu, disertai potongan butter di puncaknya. Serta Pasta Fussili yang berbentuk keriting dan spageti. Pancake dan Pasta disajikan dengan gaya dan resep khusus dan lezat. Selain penyajian hidangan pancake dan Pasta, CPC juga menyajikan berbagai menu makanan lain yaitu beraneka macam rasa roti roti bakar dan pisang goreng. Serta minuman pelengkap dan aneka macam jus buah segar dan sehat.
CPC pertama kali dibuka di Bogor, CPC akan berada di berbagai tempat seperti mal, dan outletnya tersebar sekitar kampus, sekolah, dan perkantoran. Meskipun banyak hidangan ringan yang disediakan dengan beragam penyajiannya, tetapi CPC memiliki cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat untuk menu yang kami sediakan di CPC.
Peluang membuka Café atau outlet CPC di mal dan diberbagai tempat-tempat strategis masih sangat terbuka karena bagi masyarakat kota, hidangan makanan ringan dan penyajian yang menarik sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat kota. Dimana semua orang membutuhkan tempat untuk bersantai melepas penat dengan disuguhi makanan ringan yang lezat, yang bisa dinikmati bersama keluarga, teman-teman, serta rekan kantor. Dan CPC juga dilengkapai fasilitas wifi sehingga bias dapat menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan membedakan antara CPC dengan café hidangan ringan lainnya adalah :
·         Produk yang berkualitas
·         Layanan konsumen yang extra
·         Lokasi yang strategis
·         Fasilitas yang maksimal
·         Desain dan atmosfer gerai yang cozy dan relax.
·         Cocok sebagai tempat berkumpul keluarga.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka café seluas 150 m², tetapi target jangka panjang adalah meperluas cabang dengan beberapa café diseluruh wilayah nusantara.

II.    BISNIS
a.         Konsep Bisnis
Café Pancake Ceria (CPC) adalah konsep café khusus hidangan pancake yang diolah dengan adonan yang berkualitas dan dari bahan-bahan pilihan. Cpc menawarkan menu dan tempat yang nyaman dengan menciptakan atmosfer untuk menikmati hidangan ringan yang lezat.
Café ini yang akan dibuka pertama kali di Bogor dan dikembangkan di beberapa wilayah lainnya. Konsep café ini berbeda dengan café dengan menu hidangan yang sama lainnya. Dimana CPC menyediakan fasilitas yang maksimal dan cozy antara lain ialah fasilitas internet dengan tempat yang pas untuk bersantai.
Rencana jangka pendek perusahaan akan café pertama seluas 150 m² di Bogor. Rencana jangka menengah perusahaan adalah mengembangkan cabang baru dibeberapa wilayah. Dan jangka panjang peruahaan adalah menjadi pemimpin pasar café hidangan ringan dengan menu utamanya pancake dan pasta.
Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka café pancake  di mal dan tempat-tempat strategis lainnya masih sangat terbuka, hal ini karena hidangan ringan dan bertemu di café dengan menu hidangan favorit bagi banyak orang merupakan kebiasaan dan kebutuhan. Semua orang menyukai hidangan ringan yang lezat, manis, ataupun gurih.
Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh CPC yang membedakan dengan sesame café pancake (hidangan ringan) yang ada di Indonesia :
1.         Produk yang berkualitas tinggi
Café pancake ceria didirikan untuk menyediakan hidangan ringan yang berkualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen hidangan ringan yang lezat dan kualitas tinggi. Menu diolah dengan dengan teliti dan professional untuk memberikan cita rasa yang berbeda dan unik serta modern dengan sajian yang menarik. Selain itu juga, ditawarkan hidangan-hidangan pelengkap lain yang terjamin kualitasnya.
2.         Layanan Konsumen Yang Prima
Tujuan perusahaan adalah mengembangkan layanan positif dan proaktif yang akan diterima konsumen setiap kali mereka dating ke café CPC. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru di kota-kota besar dan perusahaan mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka sangatlah penting bagi perusahaan dalam membina komunikasi yang baik terhadap pelanggan karena ini merupakan celah sukses bagi perusahaan.
Para pegawai mempunya peranan penting dalam hal ini. Oleh sebab itu, perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang-orang yang berpenampilan menarik, ceria, ramah, cekatan, motivasi tinggi, dan memiliki komitmen tinggi dalam melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian pada pelatihan, pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil kerja para karyawan agar dapat memberikan pelayanan yang prima.
3.         Metode Pemasaran
Café ini akan menerapkan strategi pemasaran yang dirancang agar para konsumen dapat mengingat selalu café pancake caria ini dengan cara memberikan seouvenir berupa pin bergambar logo CPC saat berkunjung sehingga benar-benar dapat menghilangkan penat ketika menikmati hiding yang kami sediakan.
4.         Desain cafe yang bernuansa lounge
CPC di rancang dengan suasana yang nyaman dan relax bagi pengunjung. Karena pengunjung dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan.

b.         Produk yang ditawarkan
Meskipun menu utama yang ditawarkan adalah hidangan ringan pancake tetapi disediakan juga berbagai hidangan lainnya.
·                Menu Pancake
CPC menawarkan  berbagai jenis hidangan ringan  andalannya adalah saus aneka buah-buahan, seperti blueberry, raspberry, stroberi, atau madu, disertai potongan butter di puncaknya dengan topping pelengkap tambahan  seperti ice cream datasnya. Semua hidangan disajikan dengan bentuk dan tampilan yang manarik.
·                Menu lain yang ditawarkan
Selain itu pelanggan juga dapat memesan aneka hidangan lainnya seperti pasta, roti bakar, serta aneka jus dengan buah-buahan yang segar dan menyehatkan.
1.     Harga
Harga yang ditawarkan oleh Café Pancake Ceria menjual harga standar dengan warung minuman yang lainnya
Berikut adalah daftar harganya :
o   Pancake blueberry Rp. 18.000,.-
o   Pancake caramel Rp;15.000,-
o   Pancake durian Rp.18.000,-
o   Pancake  cokelat Rp,15.000,-
o   Pancake  Strowbery Rp.18.000,-
o   Pancake Madu Rp.15.000,-
o   Pancake raspberry  Rp.18.000,-
o   Pancake banana split Rp.20.000,-
o   Pancake Penaple Rp.15.000,-
o   Pancake kacang Rp.15.000,-
o   Pasta spagety Rp.19.000,-
o   Roti Bakar Rp.15.000,-
o   Aneka juice Rp.6.000-8.000,-
o   Lemon tea Rp.5.000,-
o   Coffee Rp.5.000,-

Harga yang diperkirakan sudah diukur dan relative murah dengan yang lain dan berusaha juga untuk menkreasikan hal yang baru dengan mengkombinasikan bahan yang ada sehingga muncul ide kreatif yang baru untuk menu yang disajikan.



2.    Persediaan Barang dan Pemasaran
Strategi pemasarannya ditunjukkan dengan memberikan edukasi dengan memberikan berbagai kreasi hidangan untuk selanjutnya agar para pelanggan tidak cepat merasa bosan , dengan meliputi hal-hal :
o   Memberikan samper gratis agar konsumen dapat mencoba “rasa hari ini”.
o   Menerima kritik dan saran dari pelanggan untuk kemajuan CPC
o   Diadakan acara setiap weekend dengan menampilkan band-band anak muda.
o   Layanan karyawan : dengan melatih dan mendidik karyawan melalui tekhnik yang sangat profesional dari mulai pengunjung masuk, duduk, sampai meninggalkan tempat harus dengan pelayanan yang benar-benar puas.
o   Pelanggan dapat rilex dengan bersantai dengan dilengkapi fasilitas internet / browsing.
3.    Layanan Pelanggan
Untuk meningkatkan kualitas layanan karyawan selain berpakaian rapi dan menarik serta sopan, dengan dilengkapi atribut seperti topi dan aksesorisnya dan setiap bebarapa bulan sekali peawai bersama-sama diajak gathering agar mereka makin semangat untuk bekerja dengan baik.
4.    Desain Gerai
Café pancake ceria  akan dirancang dengan konsep cozy, relax, dan hangat. Cocok untuk berkumpul para keluarga, teman-teman, dan rekan kerja. Dengan pembuatan konsep yang bekerja sama dengan arsitek desain interior.
5.    Lokasi dan pilihan wilayah
Pilihan lokasi yang strategis adalah di pusat kota bogor dengan criteria dipinggiran jalan raya sehingga lokasi mudah terjangkau.
6.    Pasokan Barang dagangan
Bahan Baku yaitu berbagai macam rempah seperti tepung terigu, baking powder, gula pasir, garam,telur, susu cair,mentega leleh.
Serta camilan kue tambahan
7.    .Operasi gerai dan manajemen
Café akan dioperasikan oleh satu manajer café yang akan bekerja penuh waktu dan dua sampai empat orang pegawai pendukung yang bekerja paruh waktu.
Jam Operasi gerai adalah pukul 06.30-21.00, setiap hari Senin-Minggu

III.  PASAR
Perlu dipahami segmen pasar yang akan dijadikan pasar sasaran CPC, perilaku konsumen ke warung dan positioning yang akan digunakan oleh CPC

SEGMENTASI PASAR
Dilihat dari segmentasi pasar Indonesia secara umum maka potensi segmen yang dijadikan sasaran Café Pancake Ceria adalah segmen The networking Pleasure seeker, Confident Estabilish, The Change Expect Lad, The Savvy Canquer dan The Spontaneous Fun Loving dengan kisaran masing-masing 20%.

PERILAKU KONSUMEN KE CAFÉ PANCAKE CERIA
Perilaku konsumen ke Café Pancake Ceria khususnya masyarakat kota Bogor dan sekitarnya suka menikmati minuman dengan mengobrol , kumpul serta canda tawa ataupun mengadakan arisan mingguan bagi para kaum wanita muda bahkan cocok untuk dilakukannya acara meeting bagi pengusaha/ rekan kerja. Maka dari situlah diambil kesempatan untuk membuat para konsumen betah dengan membuat fasilitas yang semakin membuat mereka nyaman berlama-lama hingga lupa waktu di tempat kami. Dibuat fasilitas semaksimal mungkin demi kepuasan pelanggan.
Mengobrol atau sharing adalah kegiatan yang sehari-hari dapat dilihat di berbagai tempat , apalagi orang-orang jarang meluangkan waktu dirumah untuk berkumpul bersama teman , mereka cenderung pergi keluar dan mencari tempat yang nyaman dan fun untuk bercerita , maka Café Pancake Ceria ini mencari peluang walaupun banyak saingan tempat-tempat lain namun diberikan dan disajikan sesuatu yang berbeda sehingga dapat membuat konsumen sangat nyaman , salah satunya dengan cara menampilkan acara musik yang dilengkapi band-band muda zaman sekarang.

POSITIONING
Untuk membuat rasa ingin tahu calon pelanggan , Café Pancake Ceria merancang strategi positioning yang menarik

Misalnya dengan menggunakan strategi positioningnya adalah :
café manis yang ceria”
“café hidangan lezat …penghilang rasa stress dan kepenatan”

IV.    PELANGGAN
Pasar sasaran Café Pancake Ceria adalah Pegawai kantoran (semua pekerja), kalangan pelajar (mahasiswa/ anak sekolah), ibu-ibu dan bapak-bapak dengan keluarga. semua pekerja akan berlokasi  di tempat yang terjangkau dan banyak dikunjungi sebagaian besar kalangan masyarakat karena letak lokasi dipinggir jalan raya.

V.        PERSAINGAN
Persaingan yang utama adalah berkaitan dengan kualitas pelayanan, lokasi tempat , produk , dan fasilitas penunjang lainnya, serta menu makanan yang disajikan.
semua pekerja akan  bersaing dengan cafe lainnya seperti pizza kriuk, berger love, dan sebagainya.

VI.      MANAJEMEN
Struktur Manajemennya berkaitan dengan aspek-aspek :
a.    Pelayanan
b.    Aspek Hukum
c.    Kualifikasi Karyawan
d.    Pengetahuan dan Kreasi
e.    Kepuasan Pelanggan

VII.    PROYEKSI KEUANGAN
Modal
Terdiri dari :
-       Biaya sewa cafe (untuk 1 tahun)                     Rp.   16.000.000,-
-       Biaya rancang                                                 Rp.  22.000.000,-
interior
-       Perlengkapan                                                  Rp.    9.000.000,-
-       Lain-lain                                                         Rp.    4.000.000,-    +
                                                                         Rp. 51.000.000,-

PENJUALAN
Asumsi penjulan tahap awal adalah rata-rata 150 orang setia hari berkunjung untuk 1 tahun pertama.

PRODUCT MIX
Asumsi untuk pembelian produk pancake adalah 55% dan anekan makanan lainnya 45%.

GAJI
Manajemen akan membayar gaji manajer café penuh Rp. 35.000.000,- per tahun. Karyawan penuh waktu akan digaji sebesar Rp 800.000,- per bulan.

KINERJA KEUANGAN
Kinerja keuangan diproyeksikan sebagai berikut :
·         Gross margin                              60%
·         Operating CF/Sales                   25%
·         Operating CF/Interest n           150%
·         Operating CF/Investmentn         30%














1 komentar: